Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Jumat, 26 Juli 2019

    FPK Jakarta Timur Laksanakan Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan Angkatan Ke-2



    Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan "Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan" yang di buka Roberto Manurung (Kasubdit Idewasbang Kesbangpol) dengan narasumber AKBP Muhammad Nasrun, SH, MH (Kepala BNNK Jakarta Timur), Kompol Joko Waluyo, SH, MH (Waka Sat Binmas Polres Jakarta Timur) dan Hendarman (Anggota FPK Jakarta Timur)  Dalam kegiatan ini dihadiri oleh peserta : 80 orang tokoh-tokoh lintas etnis yang berasal dari Kecamatan Pulo Gadung, Cakung, dan Duren Sawit  di Gedung A Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).


    Keberadaan FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) berdasarkan Permendagri No. 34 Tahun 2006 dan Keberadaan FPK di Jakarta berdasarkan Pergub DKI No. 5 Tahun 2013, Keputusan Walikota Administras Jakarta Timur No, 509 Tahun 2018Secara politis pengertian Pembauran Kebangsaan artinya penyatuan berbagai suku bangsa, budaya, agama dan sosial dalam suatu wilayah  beridentitas nasional.

    FPK Wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, menantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.


    Dalam marerinya Herdarman menyampaikan tentang Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan diwilayah kota Administasi Jakarta Timur, dimana proses pelaksanaan yang integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni, budaya dan perekonomian", kata Herdarman

    "Tujuan pokok FPK adalah, menjaring aspirasi masyarakat dibidang pembauran, menyelenggarakan forum dialog dengan pemuka adat, tokoh masyarakat, tokoh suku/etnis/ras, tokoh mahasiswa dan ras. Merumuskan dan merekomendasikan internal dan eksternal terhadap persoalan yang berkembang ditengah masyarakat, khususnya masyarakat Kota Administrasi Jakarta Timur", tutup Hendarman.


    Kompol Joko Waluyo, SH, MH (Waka Sat Binmas Polres Jakarta Timur) dalam materinya “Upaya penanggulangan Konflig Etnis/Suku secara teori polisi”, menyampaikan beberapa solusi guna meminimalisir terjadinya kerawanan. Rekonsolidasi antara presiden terpilih (Jokowi) dengan calon presiden (Prabowo Subianto) mampu mendinginkan suhu politik.

    “Sengketa lahan, aksi unjuk rasa, konflik etnis terkait masalah sosial budaya karena teritorial antara kedua kelompok atau lebih, ini yang dominan terjadinya konfik tetapi konflik etnis bernuansa kekerasan sering terjadi jatuh korban” jelas Kompol Joko Waluyo.
    Lebih lanjut Waka Sat Binmas Polres Jakarta Timur  menyampaikan “pentingnya menjaga hubungan antar masyarakat di lingkungan tempat tinggal yang multi etnis agar tidak terjadi gesekan yang menyebabkan terjadinya aksi tawuran dan anarkisme” tambah Kompol Joko Waluyo.


    Kepala BNNK Jakarta Timur menyampaikan materi “Dampak penyalahgunaan Narkoba terhadap ketahanan nasional”, Kampanye pencegahan narkoba dengan sosialisasi narkoba keada masyarakat lebih efektif secara langsun (orasi) daripada kampanye melalui media spanduk atau stiker” jelas AKBP M. Nasrun, SH, MH.

    “Zat Narkotika pada awalnya digunakan masyarakat dulu untuk membius rasa sakit, agar rilek dan santai menghadapi rasa sakit, selanjutnya narkoba yang berdampak stimulant banyak di salahgunakan untuk membangkitkan semangat yang berlebihan dan menyebabkan rusak jaringan syaraf otak” tambah M. Nasrun, SH, MH.

    "Narkoba dapat mereusak tata kehidupan sosial kemasyarak bisa menyebabkan anarkisme merusak ketahanan kebangsaan disamping itu penyalahgunaan narkoba menyerap keuangan Negara untuk biaya rehabilitasi” pungkas M. Nasrun, SH, MH.


    Menurut Moderator acara Le Putra, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Administrasi Jakarta Timur telah melaksanakan kegiatan kegiatan "Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan" 2 angkatan dari 5 angkatan yang direncanakan ditahun 2019, selanjutnya Angkatan 3 sampai 5 akan diadakan pada Bulan Agustus - Oktober 2019 rencananya akan digelar di Kecamatan dan atau Kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.


    LEP

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: FPK Jakarta Timur Laksanakan Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan Angkatan Ke-2 Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top