Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Minggu, 12 April 2015

    Narkoba Baru CC4 Bisa Timbulkan Halusinasi hingga Depresi Bunuh Diri


    Ditemukan narkoba jenis baru CC4 di dalam LP Cipinang terkait dengan jaringan gembong narkoba Freddy Budiman. CC4 yang masih diteliti untuk obat setop merokok ini ternyata bisa menimbulkan efek halusinasi hingga keinginan bunuh diri!

    Dijelaskan oleh ahli kimia farmasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Mufti Djusnir, narkoba itu pada prinsipnya bekerja pada 3 reseptor saraf atau neurotransmitter (senyawa yang mengantarkan pesan antar saraf) yakni: 

    - serotonin yang bertanggung jawab menimbulkan rasa senang, gembira. 
    - dopamin yang bertanggung jawab menimbulkan halusinasi
    - noradrenalin yang bisa mempengaruhi jantung 

    "CC4 itu lebih dominan mempengaruhi neurotransmitter dari dopamin. Dopamin ini bersifat dopaminergik, menimbulkan rasa senang, halusinasi. Sama seperti LSD, ekstasi dan sabu, yang juga bekerja mempengaruhi dopamin, serotonin dan noradrenalin," imbuh Kepala BNN Provinsi NTB ini saat dihubungi Jumat (10/4/2015) malam.

    CC4 ini, berdasarkan riset, memang dalam konsentrasi rendah yakni 0,003 - 0,3 mg, sudah bisa mempengaruhi kerja nikotin sehingga dikatakan berpotensi menjadi obat untuk kecanduan merokok. 

    Namun efek sampingnya setelah mengkonsumsi, bisa menjadi dopaminergik yakni terlihat peningkatan curah jantung atau istilah medisnya cardiac output. Curah jantung yaitu meningkatnya aliran darah melalui jantung. 

    "Darah lewat jantung ini menjadi cepat. Normalnya untuk orang dewasa itu darah yang melewati jantung 4-6 liter per menit, itu untuk kondisi normal. Kalau curah jantungnya meningkat berarti lebih dari 6 liter per menit. Ini yang menyebabkan CC4 bahaya dan belum dirilis menjadi obat," tuturnya

    Dalam kimia farmasi, lanjutnya, zat yang disebut obat adalah zat baik dari alam atau sintetis, yang bila dikonsumsi manusia, menimbulkan efek memperbaiki atau menyembuhkan dalam tubuh. Tidak menimbulkan efek samping seperti yang telah disebutkan. 

    Magister farmasi dari ITB ini tak mengelak bahwa zat yang sudah dirilis resmi menjadi obat pun bisa menimbulkan efek samping bila dikonsumsi berlebihan. Masalahnya, belum ditemukan dosis aman untuk zat CC4 ini.

    Efek buruk CC4 ini, imbuhnya, sudah dibuktikan dengan penelitian lanjutan dari peneliti yang lain setelah Etter dan Stapleton yang meneliti pada tahun 2006 lalu. 3 Penelitian ini dilakukan Freedman dkk tahun 2007, Moore dkk tahun 2011 dan Singh dkk di tahun 2011. 

    "Dari sini, hasil 3 penelitian justru menjelaskan dan menyatakan CC4 menimbulkan efek samping yang sangat serius, yaitu efeknya terhadap kardiovaskuler yang merugikan. Dengan adanya efek itu curah jantung lebih besar dari normal sehingga akan meningkat terus mempengaruhi tensi (tekanan) darah," imbuhnya.

    Tekanan darah yang meningkat ini mempengaruhi neuropsikiatri alias saraf psikis manusia. Hasilnya, seseorang yang mengkonsumsi CC4 ini bisa mengalami depresi. 

    "Perubahan itu terjadi terjadi depresi berat. Seperti apa beratnya? Beratnya sampai orang 

    mendorong keinginan kuat untuk bunuh diri. Karena merasa depresi, sakit, panik, stres berat kaya gitu menyebabkan CC4 ini bukan dikatakan obat, bukan bahkan cenderung kepada narkotik," jelas dia.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Narkoba Baru CC4 Bisa Timbulkan Halusinasi hingga Depresi Bunuh Diri Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top