Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Kamis, 22 Maret 2018

    Di Lhokseumawe Anak-anak Isap Lem Kambing

    Lem cap kambing itu dimasukkan di dalam plastik kecil lantas dihirup hawanya.


    Ketua Palang Merah Indonesia (PIM) Lhokseumawe, Junaidi, meminta polisi dan Badan Narkotika menindak anak-anak dan remaja yang mengonsumsi lem.

    Junaidi mengatakan banyak laporan dari masyarakat yang terkait anak-anak yang mengonsumsi lem. Lem cap kambing itu dimasukkan di dalam plastik kecil lantas dihirup hawanya.

    “Kondisi ini tidak bisa kita biarkan dan ditoleransi lagi. BNN dan kepolisian harus bertindak. Termasuk menindak pedangan yang mengetahui lem itu digunakan untuk diisap,” kata Junaidi, Kamis, 22 Maret 2018.

    Dalam rangka mengantisipasi dan melakukan pemberantasan narkoba pada tingkat usia remaja dan pelajar, sangat diperlukan peran aktif orang tua di rumah dan guru di sekolah.

    “Anak pada ada usia remaja sangatlah rentan terhadap pengaruh lingkungan dan pergaulan. Kami mengimbau orang tua di rumah dan guru di sekolah untuk lebih proaktif untuk mengontrol pergerakan mereka,” kata Junaidi.

    Dampak Jangka Pendek

    Menghirup bahan adiktif yang berbau tajam atau inhalan seperti lem kayu memiliki dampak negatif bagi tubuh.

    Kebanyakan inhalan langsung mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan perubahan pada cara berpikir. 

    Dampak dalam jangka pendek yaitu hanya dalam beberapa detik saja, pengguna mengalami kemabukan dan efek lainnya seperti yang diakibatkan alkohol.

    Ada berbagai efek yang dapat dialami selama atau segera sesudah menggunakannya.

    Penggunanya akan berbicara cadel, mabuk, pusing atau penampilan teler, tidak mampu mengkoordinasi gerakan, halusinasi dan khayalan,

    Efek jangka pendek dari menghirup lem juga menyebabkan apati, daya pertimbangan yang terganggu, ketidaksadaran, sakit kepala berat dan bercak-bercak di sekitar hidung dan mulut.

    Menghisap zat-zat kimia ini yang berkelanjutan dapat mengakibatkan detak jantung yang tidak teratur dan cepat dan menyebabkan gagal jantung dan kematian dalam beberapa menit. 

    Lalu mati lemas dapat terjadi jika oksigen di paru-paru diganti dengan zat kimia tersebut, yang kemudian mempengaruhi pusat sistem saraf, sehingga pernapasan akan terhenti.

    Dampak Jangka Panjang

    Sedangkan efek jangka panjang bagi pengguna yang menghirup lem yaitu kelemahan otot, disorientasi, kurangnya koordinasi, sifat lekas marah, depresi, Kerusakan yang kadang-kadang tidak dapat disembuhkan pada jantung, hati, ginjal, paru-paru dan otak.

    Dalam jangka panjang juga penggunanya akan kerusakan daya ingat, penurunan kecerdasan, kehilangan daya dengar, kerusakan pada sumsum tulang serta kematian karena gagal jantung atau sesak nafas. 

    Penggunaan bahan penghirup terkait dengan beberapa masalah kesehatan yang serius. Menghirup lem dan tiner mengakibatkan masalah pada ginjal.

    Menghirup toluene dan bahan pelarut lainnya berakibat kerusakan pada hati.

    Penyalahgunaan inhalan juga berakibat kerusakan pada daya ingat dan melemahkan kecerdasan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Di Lhokseumawe Anak-anak Isap Lem Kambing Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top