Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Selasa, 20 Agustus 2019

    Mahasiswa KKN Gandeng BNNK.Purbalingga Sambangi MTsN 4 Banjarnegara


    Perlu diapresiasi adik adik mahasiswa yang KKN dari Universitas IAIN Purwokerto, aktif menggandeng BNN untuk memberikan informasi tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba kali ini di MTs. Negeri 4 Banjarnegara. Penyuluhan Narkoba dengan Tema Generasi Bangsa Tanpa Narkoba diadakan sebagai salah satu program yang mereka lakukan.

    Sebanyak 55 pelajar kelas IX di sekolah tersebut di ruang serbaguna untuk diberikan informasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan obat-obatan generik, Miras, serta bahan-bahan adiktif yang ada di sekitar kita. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat pelajar tersebut mengetahui bahwa menyalahgunakan narkoba hanya akan membawa dampak buruk, serta menumbuhkan kesadaran dan kemampuan membentengi diri untuk menolak narkoba demi mewujudkan cita-cita. Selasa (20 Agustus 2019).

    Dalam kesempatan ini Asni Kesumaningrum, S.I.Kom. selaku Penyuluh Narkoba  BNN Kabupaten Purbalingga hadir sebagai narasumber, "Menggunakan narkoba itu haram karena, narkoba sama halnya dengan zat yang memabukkan diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. Bahkan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau tidak memabukkan," jelasnya.

    Dalil-dalil yang mendukung haramnya narkoba:
    Pertama: Allah Ta’ala berfirman,

    وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

    “Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk” (QS. Al A’rof: 157). S

    Kedua: Allah Ta’ala berfirman,

    وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

    “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (QS. Al Baqarah: 195).

    وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

    “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An Nisa’: 29).

    Dua ayat di atas menunjukkan akan haramnya merusak diri sendiri atau membinasakan diri sendiri. Yang namanya narkoba sudah pasti merusak badan dan akal seseorang. Sehingga dari ayat inilah kita dapat menyatakan bahwa narkoba itu haram.

    "Seluruh lapisan masyarakat perlu dibekali pemahaman bahaya narkoba sejak dini, agar tertanam dalam ingatan mereka untuk tidak pernah menyalahgunakan narkoba seumur hidup. Sehingga dapat terwujud Generasi Indonesia Emas yang bebas narkoba," tagas Asni Kesumaningrum, S.I.Kom


    Lep
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Mahasiswa KKN Gandeng BNNK.Purbalingga Sambangi MTsN 4 Banjarnegara Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top