Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Rabu, 23 November 2016

    Komunitas Motor dan Ojek Sepakat Perangi Narkoba


    Roda Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) terus digulirkan dalam upaya menyelamatkan bangsa dari terpaan darurat Narkoba, dan komunitas Motor Gede, Motor Vespa, Kawasaki dan Motor Bison dan kelompok ojek diajak berdiskusi dalam kegiatan Workshop Tatap Muka P4GN untuk Pekerja yang berlangsung di Aula Radio Republik Indonesia (RRI) Ternate pada Rabu, (23/11)

    Kepala BNNP Maluku Utara, Drs. Bambang Setiawan dalam sambutannya sekaligus sebagai narasumber menyampaikan ancaman terhadap bangsa terkait kondisi darurat narkoba juga dapat dikaitkan dengan situasi memanas dunia seperti perebutan Laut Cina selatan di wilayah RRC, krisis air dunia dan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh Negara –negara maju, sementara Indonesia sebagai Negara yang kaya akan SDA ingin dikuasai oleh Negara asing.

    Bambang mengingatkan “Sejarah mencatat lepasnya wilayah Hongkong dari daratan China pada masa Dinasti Qing di abad 19, Inggris memasok Opium dalam jumlah besar sehingga opium yang awalnya digunakan sebagai obat bius bagi kepentingan kesehatan dipakai rakyat Hongkong untuk bersenang-senang dan menjadi kecanduan, pada akhirnya Hongkong mudah dikuasai oleh Inggris . Untuk itu Bambang mengingatkan hal seperti ini juga menjadi tujuan bangsa asing adalah menjadikan Negara kita budak di negeri sendiri dengan cara melemahkan anak bangsa melalui narkoba dan juga terorisme”.

    “Dalam ajaran Islam pun jelas narkoba sangat dilarang oleh agama, sehingga taka ada alasan seseorang muslim mengkonsumsi narkoba sedangkan upaya P4GN merupakan tanggung jawab para muda sebagai bagian dari peran serta masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” tegas Bambang. ,”Peran positif yang dapat dijalankan misalnya dengan tidak menggunakan narkoba, menyampiakan pesan anti narkoba, mendeklarasikan komunitas yang bersih narkoba, berani menyampaikan informasi terkait penjualan atau peredaran narkoba,”. Untuk melakukan semua hal ini, komunitas motor juga harus tahu dampak dan bahaya narkoba dan “Jika ternyata di lingkungan sekitar kita atau orang terdekat sudah menggunakan Narkoba maka rehabilitasi melalui rawat inap atau rawat jalan merupakan solusi. Bagaimana mengajak para pecandu baik teman, saudara dan anggota keluarga untuk di rehabilitasi dengan melapor ke BNNP, karena anggota keluarga jika tidak melapor dan tertangkap justru dipidana dan didenda seperti yang diatur dalam undang-undang.

    “Pecandu narkotika wajib direhabilitasi sesuai Pasal 54 dan mengajak anggota keluarga untuk wajib lapor jika tidak mau melapor sesuai pasal 134 baik pecandu maupun orang tua diancam penjara 6 bulan dan denda 1 juta rupiah,” tegasnya.

    Kepala BNNP juga mencontohkan bagaimana seseorang yang dengan mudah tergoda narkoba dengan diputarnya film dokumenter dan mencontohkan betapa narkoba dapat menjadi pembunuh yang cepat yakni memicu terjadinya kecelakaan lalulintas pada beberapa kasus termasuk di Ternate. 

    Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Hairuddin Umaternate, M.Si sebagai Nara sumber pada giat ini juga menyampaikan kondisi Indonesia yang darurat Narkoba tidak mampu ditangani oleh BNNP sendiri, Hal ini perlu disikapi oleh seluruh stakeholder termasuk komunitas motor dan kelompok ojek salah satunya dengan waspada dan tahu modus peredaran narkoba melalui paket yang sering dititipi melalui ojek seperti yang kerap terjadi.



    Workshop yang berlangsung 1 (satu) hari ini menghadirkan peserta sebanyak 170 orang yang dibagi dalam dua kelompok yakni di sesi pagi untuk komunitas motor dan sesi siang hari untuk komunitas ojek. Workshop juga diboboti dengan pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana seseorang kecanduan dan tindakan yang harus dilakukan sebagai penggiat anti narkoba oleh penyuluh BNNP Maluku Utara dan mendapat antusias serta pertanyaan terkait program P4GN yang dijalankan BNNP Maluku Utara.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Komunitas Motor dan Ojek Sepakat Perangi Narkoba Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top