Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Rabu, 14 Juni 2017

    BNNP Malut Gandeng Instansi Pemerintah Tingkatkan Mutu Layanan Lembaga Rehabilitasi




    Penguatan layanan rehabilitasi instansi pemerintah ini dilaksanakan melalui Bimtek Mutu Layanan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Tahap II yang dibuka oleh  kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Drs. Richard M. Nainggolan, MM. MBA  di Hotel Grand Majang pada (13/06).

    Dalam sambutannya,  Kepala BNNP menyampaikan tingginya jumlah penyalahguna di Maluku Utara harus di tangani secara serius dengan pendekatan secara komprehensif dan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan upaya dan kerjasama dengan  instansi terkait baik  pemerintah ataupun komponen masyarakat.

    "Kurangnya SDM yang memiliki pengetahuan dan skill terkait rehabilitasi serta keterbatasan tempat rehabilitasi menjadi kendala bagi layanan rehabilitasi penyalahguna narkotika di Malut," Kata Kepala BNNP. Di kesempatan tersebut,  Brigjen Richard juga menjelaskan tentang Program  Layanan Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) Tahun Anggaran 2017.

    Kasi PLRIP,  Zainuddin H. Samad, SKM, M.Kes   pada kesempatan  sebagai nara sumber menyampaikan materi "Tata Cara Pencapaian Outcome Layanan Rehabilitasi " menjelaskan layanan rehabilitasi merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan narkoba bagi pecandu dan atau korban penyalaguna yg mencakup rehabilitasi medis dan sosial dan layanan pasca rehabilitasi yang dilakukan secara kontiniu dalam satu kesatuan layanan yg terintegrasi.

    Dijelaskan pula pencapaian outcome layanan rehabilitasi melalui beberapa tahap, pertama  dibutuhkan ketersediaan SDM, sarana prasarana yg baik, serta anggaran dan aturan. Berikut nya proses di dalamnya adalah pelaksanaan layanan berupa asesmen, rehabilitasi medis dan sosial serta pasca rehabilitasi, dan  outputnya  diharapkan klien  mendapatkan layanan rehabilitasi sampai selesai.

    Peserta bimtek yang terdiri dari 20 perwakilan dari intansi terkait ini diingatkan juga tentang outcome layanan rehabilitasi adalah klien bisa pulih dan produktif kembali seperti sedia kala dan berfungsi sosial dan dapat kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat.

    Di hari ke dua Bimtek, kepala BNNP juga menyampaikan tentang "Penanganan Pecandu Korban Penyalahguna Narkotika Terkait Hukum dan Lembaga Rehabilitasi" yang dilanjutkan pemaparan Kepala Bidang Rehabilitasi, Abdullah SE, tentang Pendalaman Asesmen Terpadu. Abdullah mengingatkan dalam memberikan layanan rehabilitasi harus  lebih terarah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, Kabid juga menutup kegiatan dimaksud.

    Bimtek yang   digelar selama 2 hari ini (13-14 Juni) menurut  Zainuddin  dimaksudkan guna meningkatkan kemampuan lembaga rehabilitasi medis maupun sosial yg berkualitas sesuai dengan standar pelayanan minimal di Maluku Utara.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BNNP Malut Gandeng Instansi Pemerintah Tingkatkan Mutu Layanan Lembaga Rehabilitasi Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top