Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Selasa, 09 Mei 2017

    Ada Tahanan Kabur Itu Bandar Besar Narkoba


    Kasus Rutan kelebihan kapasitas bukan hal yabg baru di Indonesia, termasuk kasus  penghuni karena yang rutan Klas IIB Sialang Bungkin di Pekanbaru, Riau yang seharusnya hanya bisa menampung 361 tahanan namun kenyatannya per Mei 2017 berisi 1.870 orang,  Dalam satu sel yang seharusnya hanya 10-15 orang namun diisi 30 orang.

    Beberapa tahanan rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru merupakan bandar narkoba dengan barang bukti yang lumayan besar yang berhasil diungkap Polresta Pekanbaru.

    Informasi yang diterima para bandar yang berhasil kabur yakni Andrian Siahaan alias Andrian yang ditangkap dengan barang bukti 32 kilogram ganja.

    Kemudian juga ada bandar narkoba jenis pil ekstasi bernama Gery Amanda. Gery ini merupakan anak buah dari tersangka bandar narkoba bernama ST.

    Tersangka yang pernah melompat dari lantai delapan Hotel Aryaduta Pekanbaru pada tahun 2015 silam. Pasca kejadian ST mengalami patah kaki dan dirawat.

    Namun dalam prosesnya ST kembali melakukan tindakan kriminal dengan menembak Jodi pada Januari 2017. Namun keseokan harinya berhasil ditangkap di wilayah Sumatera Barat. Adik ST juga dikonfirmasi ikut kabur dari rutan Sialang Bungkuk.


    Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Arianto sampai kini pihaknya masih melakukan upaya pengejaran pada tahanan yang kabur.

    "Kami sedang persiapkan data-data tahanan yang pernah diungkap Polresta pekanbaru yang kini masih berkeliaran," terang Bimo, Senin (8/5/2017).

    Pelaksana Harian Kepala Rutan Sialang Bungkuk, Azhar menyebutkan sebagian besar tahanan yang kabur merupakan kasus narkoba.

    "Upaya pencarian terus dilakukan," janji Azhar

    Saat ini sudah sebanyak 296 tahanan berhasil diamankan dari total 468 tahanan yang melarikan diri.

    "Jadi ada sekitar 152 lagi yang masih berkeliaran di luar," kata Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino.

    Sebagian tahanan yang ada yang ditangkap di luar daerah.

    Mereka langsung diamankan di Rutan atau Lapas di daerah tempat tahanan tersebut ditangkap.

    Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengimbau ratusan tahanan yang belum tertangkap untuk segera menyerahkan diri.

    "Saya berharap yang masih di luar untuk kembali daripada ditangkap dan dikejar sama polisi lebih baik menyerahkan diri," kata dia.

    Dia menegaskan, sanksi akan diberikan kepada para tahanan yang kabur, yakni tidak akan dapat remisi.

    Sementara otak pelaku kerusuhan dan pelarian massal tahanan akan diberi sanksi tambahan.

    “Otak pelakunya masih dicari, karena kejadian ini seperti direncanakan dengan sangat matang. Salah satunya dilakukan saat sedang shalat Jumat,” kata dia.

    Pengejaran terhadap seratus lebih tahanan yang belum tertangkap terus dilakukan jajaran Polda Riau.

    Kapolda memerintahkan seluruh penyidik yang terlibat dalam menangani perkara para tahanan untuk membantu upaya pencarian dengan menelusuri hingga ke pihak keluarga tahanan.

    Selain itu, Polda Riau berkoordinasi pula dengan kepolisian di provinsi tetangga, seperti Sumbar, Sumut, Kepri dan Jambi. Patroli di perairan juga ditingkatkan.

    Salah satu kendala kepolisian adalah belum adanya data lengkap tahanan yang kabur, seperti nama, alamat dan fotonya.

    Polda Riau sendiri masih menunggu data itu dari Rutan Sialang Bungkuk. (*)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ada Tahanan Kabur Itu Bandar Besar Narkoba Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top