Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Senin, 22 Desember 2014

    Konsolidasi dengan Pengurus DPW Jawa Barat


    Ketua Umum Gema Nusantara Anti Narkoba Hendryanto Andrie. DH melaksanakan kunjungan kerja dengan pengurus DPW Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa Barat di Bandung, Sabtu (21/12/2014).

    Hadir dari kepengurusan DPW Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa Barat, antara lain, Hendra Nugraha, SE, Msi sebagai ketua DPW Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa Barat,  Hendang. SR sebagai Direktur Pemberdayaan Masyarakat DPW Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa, Deddy Rundana, Afnil, Arif LH. Sementara dari DPP Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa Barat antara lain; Hendryanto Andrie sebagai Ketua Umum, LE Putra sebagai Wakil Ketua Umum darn Andri Sudiar sebagai Deputi Pengegahan.

    Dalam sambutan nya Ketua Umum Gema Nusantara Anti Narkoba Hendryanto Andrie. DH, beberapa hal pokok dalam menyambut Gold Millinium Indonesia Bebas Narkoba 2015 kepada pengurus DPW Gema Nusantara Anti Narkoba Provinsi Jawa Barat, antara lain :


    v  Promotif
    Program promotif ini kerap disebut juga sebagai program preemtif atau program pembinaan. Pada program ini yang menjadi sasaran pembinaanya adalah para anggota masyarakat yang belum memakai atau bahkan belum mengenal narkoba sama sekali.  Prinsip yang dijalani oleh program ini adalah dengan meningkatkan peranan dan kegitanan masyarakat agar kelompok ini menjadi lebih sejahtera secara nyata sehingga mereka sama sekali tidak akan pernah berpikir untuk memperoleh kebahagiaan dengan cara menggunakan narkoba.

    v  Preventif
    Program promotif ini disebut juga sebagai program pencegahan dimana program ini ditujukan kepada masyarakat sehat yang  sama sekali belum pernah mengenal narkoba agar mereka mengetahui tentang seluk beluk narkoba sehingga mereka menjadi tidak tertarik untuk menyalahgunakannya. Bentuk dan agenda kegiatan dalam program preventif ini:

    1. Kampanye anti penyalahgunaan narkoba
    Program pemberian informasi satu arah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Kampanye ini hanya memberikan informasi saja kepada para peserta yang terdiri dari seluruh lampisan masyarakat.

    2    2.  Penyuluhan seluk beluk narkoba
    Kampanye yang hanya bersifat memberikan informasi, pada penyuluhan ini lebih bersifat dialog yang disertai dengan sesi tanya jawab. Bentuknya bisa berupa seminar atau ceramah. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk mendalami pelbagai masalah tentang narkoba sehingga masyarakat menjadi lebih tahu karenanya dan menjadi tidak tertarik enggunakannya selepas mengikuti program ini.  Materi dalam program ini biasa disampaikan oleh tenaga profesional seperti dokter, psikolog, polisi, ahli hukum ataupun sosiolog sesuai dengan tema penyuluhannya.

    3. Pendidikan dan pelatihan kelompok sebaya
    Pendidikan dan pelatihan atau Training of Trainer (TOT), intenal pengurus Gema Nusantara Anti Narkoba kemudian dilanjutkan ke kelompok masyarakat agar upaya menanggulangi penyalahgunaan narkoba didalam masyarakat ini menjadi lebih efektif. Pada program ini pengenalan narkoba akan dibahas lebih mendalam yang nantinya akan disertai dengan simulasi penanggulangan, termasuk latihan pidato, Menbentuk Fucus Discussion Group (FD). Program ini biasa dilakukan dilebaga pendidikan seperti sekolah atau kampus dan melibatkan narasumber dan pelatih yang bersifat tenaga profesional. Upaya mengawasi dan mengendalikan produksi dan upaya distribusi narkoba di masyarakat.

    4Kuratif
    Program ini juga dikenal dengan program pengobatan dimana program ini ditujukan kepada para pemakai narkoba, dengan mendirikan Drop Inn/Rumah Singgah yang bersifat rawat Jalan.
    Tujuan dari program ini adalah mebantu mengobati ketergantungan dan menyembuhkan penyakit sebagai akibat dari pemakaian narkoba, sekaligus menghentikan pemakaian narkoba.
    Pengobatan gangguan kesehatan akibat dari penghentian dan pemakaian narkoba (detoksifikasi).
    Pengobatan terhadap kerusakan organ tubuh akibat pemakaian narkoba.

    Pengobatan terhadap penyakit lain yang dapat masuk bersama narkoba seperti HIV/AIDS, Hepatitis B/C, sifilis dan lainnya.

    5. Represif

    Gema Nusantara Anti Narkoba tidak masuk ke ranah Represif, karena tugas ini menjadi tugas BNN dan Kepolisian yang bertujuan untuk menindak para produsen, bandar, pengedar dan pemakai narkoba secara hukum. 





    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Konsolidasi dengan Pengurus DPW Jawa Barat Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top