Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Senin, 03 April 2017

    BNNK CIANJUR MENGGELAR RAPAT KOORDINASI TINGKAT DAERAH TENTANG OPTIMALISASI TIM ASESMEN TERPADU


    CIANJUR - BNN Kabupaten Cianjur menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dengan dinas terkait bertemakan “Optimalisasi Tim Asesmen Terpadu BNN Kabupaten Cianjur”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (03/04) bertempat di Hotel Palace, Jalan Raya Puncak - Cianjur.
    Narasumber dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh DARMAWEL ASWAR, SH., MH (Direktur Hukum, Deputi Huker BNN RI) dengan materi “Penanganan Tim Asesmen Terpadu terhadap Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika ke dalam Lembaga Rehabilitasidan Tri WAHYU ASTUTI, SE (kepala Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi Jawa Barat) dengan materi “Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tim Asesmen Terpadu”. Dalam rapat tersebut diterangkan juga tentang tugas dan wewenang,  alur pelaksanaan Tim Asesmen Terpadu (TAT) serta klasifikasi tindak pidana sehingga dapat memberikan gambaran dalam pelaksanaan TAT itu sendiri.

    Dalam kesempatan ini, Kepala BNNK
    Cianjur, Hendrik, S.Sos mengungkapkan pada prinsipnya pecandu dan korban penyalahgunaan Narkotika adalah “orang sakit“ yang wajib menjalani pengobatan dengan menempatkan mereka di lembaga rehabilitasi medis dan/atau rehabilitasi sosial.

    Pertimbangan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa sebagian besar dari narapidana dan tahanan kasus tindak pidana Narkotika masuk dalam katagori penyalah guna Narkotika dan merupakan orang sakit, oleh karena itu memidanakan penyalahguna Narkotika tanpa memperhatikan “sakitnya“ bukan langkah yang tepat karena mengabaikan kepentingan perawatan dan pengobatan.
    Melalui pertemuan ini juga diharapkan pelaksanaan Tim Asesmen Terpadu BNN Kabupaten Cianjur berjalan secara optimal.

    Rakor ini merupakan bentuk dari implementasi dari peraturan bersama yang telah ditandatangani oleh BNN dan seluruh instansi yang tergabung didalam Forum Mahkumjakpol (Mahkama Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Agung dan Polri) pada 11 Maret 2014 lalu.

    Kegiatan ini dihadiri oleh
    10 Peserta dari Tim Asesmen Terpadu yang terdiri dari Penyidik BNNK Cianjur, Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Cianjur, Sat Narkoba Polres Cianjur, Dokter Fungsional RSUD Sayang Cianjur dan  Dokter dari Puskesmas Muka Cianjur.

    Adanya PP Wajib Lapor No. 25 Tahun 2011 tidak menjadikan para pecandu mau melaporkan diri ataupun menjalankan rehabilitasi secara suka rela. Stigma negative masyarakat terhadap pecandu menyebabkan mereka (dan/atau keluarga) enggan mengakui bahwa dirinya adalah pecandu Narkoba. Disamping itu, banyak diantara kita yang masih menganggap pecandu merupakan pelaku tindak kriminal yang harus dihukum pidana.




    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BNNK CIANJUR MENGGELAR RAPAT KOORDINASI TINGKAT DAERAH TENTANG OPTIMALISASI TIM ASESMEN TERPADU Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top