Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Selasa, 18 April 2017

    Penyalahguna Narkoba Teringgi di Sumut

    Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Sumatera Utara terbilang cukup tinggi, dari 14 juta penduduk, sebanyak 350.000 orang terdeteksi sebagai pengguna.

    “Ukuran narkoba yang masuk ke Sumatera Utara dan beredar bukan lagi kilogram tetapi sudah merupakan ton, selama tahun 2015 lalu ada 219 ton dan yang berhasil ditangani baru 2,6 persen saja”, Demikian disampaikan Kepala BNNP Sumut pada acara coffe morning Senin (17/4/2017) di gedung Hj Sawiyahm

    Mengingat tingginya peredaran narkoba di Sumatera Utara, jadi tidak mungkin semua kasus narkoba itu hanya ditangani oleh aparat Polisi atau BNN atau juga TNI saja, masyarakat harus diberdayakan agar mau berperanserta.

    “ Sebagai masyarakat diharapkan semua harus peduli, apalagi penyalahguna  narkoba selalu mengajak teman dan ini bisa terhadap siapa saja”, Ujar Ka BNNP

    Dikatakannya, setiap warga masyarakat tidak boleh hanya mendiamkan saja bebas berkembang penyalahgunaan narkoba di lingkungannya, karena saling mendiamkan itulah akibatnya peredaran narkoba semakin tinggi.

    "Masyarakat jangan takut untuk melaporkan (kasus narkoba) karena pelapornya dilindungi oleh Undang-Undang dan tidak boleh dijadikan sebagai saksi pelapor, yang menjadi saksi itu petugas yang menangkapnya“,  Itu kata Undang-Undang, bukan kata Kepala BNN Provinsi, ujar Andi Loediando

    "Saya juga mengajak semua elemen dan tokoh masyarakat, tokoh agama ikut bersama-sama mencegahnya", pintanya

    Untuk Kota Tebingtinggi, Ka BNNK Provsu memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota yang telah membentuk tim Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), bahkan sudah melakukan beberapa kali aksi, baik itu penyuluhan maupun dalam tindakan operasinya.

    “Saya baca dan ikuti perkembangannya di Tebingtinggi, dan disini ada sekitar 300-an orang pengguna narkoba, kita harus terus berupaya mencegah dan saya berharap tim ini terus bekerja sesuai tugasnya dengan mengikut sertakan stakeholder”, imbuhnya.

    Pejabat Walikota Tebing Tinggi, Zulkarnain menyampaikan bahwa Tebingtinggi sudah membentuk tim P4GN dan telah melaksanakan programnya, baik penyuluhan maupun penindakan, dan yang paling baru berhasil mengamankan 6 ons narkotika jenis sabu bersama bandar dan pemakainya.

    “Untuk penyuluhan, setiap hari Senin dalam upacara di sekolah-sekolah diprogramkan dan sudah dilaksanakan para pimpinan SKPD secara bergilir menjadi pembina upacara, sekaligus menyampaikan pesan-pesan terhadap para pelajar tentang bahaya narkoba”, ujar Zulkarnain

    Pada acara tersebut juga dilakukan pemeriksaan urine terhadap 133 orang CPNS yang bertugas di Pemerintah Kota Tebingtinggi yang dilakukan oleh BNN Kota Tebingtinggi.

    Sementara itu, dalam sesi tanya jawab, seorang penanya menyampaikan penyebab enggannya masyarakat melapor, meskipun dilindungi UU, tetapi oknum petugas selalu membisikannya kepada yang dilapor dan ini membuat warga khawatir melaporkannya.

    “Jika hal ini sampai terjadi dilakukan oknum petugas, segera laporkan ke atasannya dan kepada saya secara lengkap dan jelas, jika terbukti kita akan mengambil tindakan tegas, tanpa kecuali”, tegas Ka BNNP Sumut.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Penyalahguna Narkoba Teringgi di Sumut Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top