Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Selasa, 18 April 2017

    Tanpa Ego Sektoral, Berantas Narkoba Harus Sinergi


    Sinergitas seluruh lembaga  diperlukan untuk memberantas Narkoba khususnya di Provinsi Kalimantan Barat. Banyaknya daerah perbatasan di Kalimantan Barat menjadi sumber masuknya narkotika dalam jumlah yang besar.

    Berdasarkan data Pusat Penelitian Data dan Informasi (Puslitdatin) Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2015, prevalensi penyalahguna Narkoba di Kalimantan Barat sebanyak 65. 203 pengguna. Ini merupakan pangsa pasar yg cukup besar, apalagi Kalimantan Barat merupakan daerah yang berbatasan dengan negara tetangga seperti Malaysia. Oleh karena itu diperlukan sinergitas antar lembaga dan kementerian dengan tanggung jawab dan kewenangan masing-masing untuk memberantas Narkoba.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala BNN, Budi Waseso, saat memberikan pengarahan kepada jajaran TNI, Polri, Kementerian Hukum dan HAM, Bea dan Cukai, serta Angkasa Pura se-Provinsi Kalimantan Barat, di Polda Kalimantan Barat, Selasa (18/4).

    Kepala BNN menegaskan agar TNI-Polri dapat dikerahkan untuk memberantas Narkoba. TNI bisa memanfaatkan Babinsa menyampaikan masalah narkotika melalui sudut pandang TNI atau ketahanan negara. Polri juga melalui Babinkamtibnas dapat menjelaskan bahaya narkotika dari sudut pandang hukum.

    Di sisi lain Kepala-Kepala Dinas Kesehatan dapat menjelaskan bahaya narkotika dari sudut pandang kesehatan, begitu pula Pemuka agama dan Praktisi Pendidikan dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

    Menurut Budi Waseso, BNN diatas kertas tidak memiliki kemampuan untuk memberantas narkotika. Sampai saat ini keberhasilan BNN bisa terjadi karena sinergitas dengan semua lembaga dan kementrian seperti PPATK, Bea dan Cukai, TNI, Polri, serta BIN.

    Kepala BNN berharap sinergitas dapat terbangun dengan baik. Karena Narkoba merupakan permasalahan seluruh elemen bangsa, bukan hanya BNN atau pemerintah semata.

    "Menghadapi permasalahan Narkotika harus dibangun dengan komitmen bersama, maka saya perlu melakukan tatap muka langsung kepada rekan-rekan untuk bisa menyampaikan ini", tutup Kepala BNN.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tanpa Ego Sektoral, Berantas Narkoba Harus Sinergi Rating: 5 Reviewed By: GentaraNews
    Scroll to Top